Festival Karawitan Kota Madiun

Seni karawitan dan wayang kulit merupakan budaya warisan leluhur yang adi luhung. Sarat makna dan filosofi. Keberadaannya wajib dilestarikan sedari dini. Harapannya, regenerasi terus terjadi. Pemkot madiun terus berupaya melestarikan seni asli Jawa itu dengan berbagai kegiatan. Salah satunya, festival dalang bocah serta karawitan anak dan remaja tingkat Kota Madiun, Kamis (14/12).  Belasan group turut meramaikan gelaran festival tahunan tersebut. Mulai tingkat SD hingga SMA. Harapannya, bakat dan minat pelajar akan budaya ini terus terpoles. Walikota Madiun Sugeng Rismiyanto bangga dengan antusias peserta festival. Apalagi mereka tampil maksimal. Bukan sekedar unjuk gigi. Namun, berkompetisi menjadi yang terbaik.

“Anak-anak ini adalah bibit unggul seniwan dan seniwati masa depan. Pemerintah harus memfasilitasi,“ kata walikota saat pembukaan festival di gedung kesenian tersebut.
Namun, walikota berpesan kegiatan jangan hanya sebagai formalitas. Jangan hanya berlatih saat akan mengikuti festival. Bakat harus dipoles terus menerus. Selain itu, harus dilakukan dari sanubari. Artinya, benar-benar mencintai. Budaya warisan leluhur harus terus dijaga. Sebab, kebanyakan sudah enggan berkecimpung setelah masa sekolah berakhir.“Seni dan budaya kaya akan makna. Ini penting ditanamkan kepada anak-anak untuk membentuk karakter. Tetapi harus dilakukan dari hati, “ ungkap beliau sembari menyebut kegiatan seperti ini berdampak langsung bagi masyarakat.

Pemkot tidak tinggal diam. Walikota berharap organisasi perangkat daerah (OPD) terkait terus mengeluarkan program-program kreatif demi mendukung kelestarian budaya. Seniman kota pecel harus berdaya untuk terus berkarya. Walikota berharap minimal ada satu karya yang dipatenkan setiap tahun. Baik gending maupun karya seni budaya lain. Seniman Kota Madiun harus diberi kesempatan. Mereka wajib tampil disetiap even kebudayaan yang digelar. Pemkot harus berupaya seniman lokal terus berkembang. “Ke depan tidak perlu lagi mendatangkan seniman luar daerah. Kalau perlu seniman Kota Madiun yang mengisi kegiatan di berbagai daerah, “ pungkasnya. (agi/diskominfo)

sUMBER : https://madiunkota.go.id/2017/12/14/regenerasikan-seniman-kota-madiun-pemkot-gelar-festival-karawitan-dan-dalang-bocah/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *